Minggu, 13 Maret 2011

Gizi Tepat Untuk Perkembangan Otak

Oleh : dr.Satyawati,SpA
Dokter Spesialis Anak RS Azra Bogor)


Bila berbicara mengenai kecerdasan pada anak, pasti diidentikkan denganpertumbuhan otak. Oleh karena in, keberhasilan prtumbuhan otak anak sangatdipengaruhi oleh asupan gizi sejak ibu memulai kehamilan dan sat anak dalamkandungan, Sebab ketika bayi sudah lahir, mereka harus dirangsang pertumbuhanotaknya di usia golden period, yaitunol sampai tiga tahun.

Pertumbuhan otak sejak anak berada dalam kandungansangat dipengaruhi oleh gizi yang dikonsumsi si ibu, karena pertumbuhan selsaraf atau jaringan saraf terjadi pada saat si bayi lahir. Dengan kata lain,ketika di dalam kandungan terbentuk sel saraf dan setelah lahir jaringan sarafterbentuk.

Pertumbuhan dan perkembangan yang baik di usiabayi hingga balita menjadi penentu keberhasilan pertumbuhan perkembangan padaperiode selanjutnya. Sedikit saja pertumbuhan otak terhambat, maka akanmempengaruhi kecerdasan si anak dan bisa bersifat irreversible (tidak dapat pulih kembali).

Otak mengalami periode pertumbuhan cepat (brain growth spurt) pertama kali pada saat kehamilan trismesterketiga. Pada saat ini, sel-sel neuron (sel-sel otak) membela dan membagi dengancepat. Gizi yang baik berperan penting pada pembentukan sel otak yang dimulaipada awal kehamilan. Kebutuhan zat gizi penting harus ditingkatkan selamakehamilan seperti karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, besi, Mg,Zn, indiumserta vitamin juga asam folat. Dan lemak, namun tidak berlebihan.

Masa pertumbuhan tahap kedua, otak (braingrowth spurt) emas terjadi sejak bayi baru lahir sampai 36 bulan. Usia nolsampai enam bulan disarankan untuk memberikan ASI eksklusif. ASI mengandungnutrisi cukup hingga bayi berusia enam bulan. Menginjak usia enam bulan keatas, bayi membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI), yang selanjutnya bayidiberikan makanan sesuai kebutuhannya. Jangan lupa selama mendapat ASIeksklusif, ibu harus mendapat gizi yang baik dan cukup.

Dalam tumbuh kembang otak selanjutnya harus mendapat gizi sesuai mulai darikarbohidrat sebagai sumber energi, protein sebagai zat pembangunan berfungsiuntuk pertumbuhan sel dan fungsi otak serta neuro transmiter atau bahan aktifmenghantar rangsang saraf, serta lemak, vitamin, dan mineral. Jadi, padadasarnya bila menginginkan anak cerdas dan sehat, persiapan sejak si anak masihdi dalam kandungan dan berikan gizi yang baik dan cukup saat si anak lahirsampai usia balita.

Otak merupakan organ tubuh yang belum sempurna saat lahir. Pertumbuhan otakanak sangat cepat pada usia tiga tahun pertama. Pada masa inilah orang tuaberperan pentinga dalam memberikan stimulasi, sehingga pada periode ini anakmencapai kecerdasan yang tinggi di kemudian hari. Stimulasi adalah setiapkegiatan merangsang dan melatih kemampuan anak yang berasal dari lingkungan luaranak (orangtua atau pengasuhnya). Hadirnya stimulasi bertujuan untuk mencapaitingkat perkembangan baik sesuai dengan usia anak.
Sumber : Jurnal Bogor, hal.20 Tgl.24 Juli 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar